Senin, 29 April 2013

Manusia Dan Kebudayaan


Pengertian Manusia
Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda dari segi biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Bahasa Latin yang berarti "manusia yang tahu"), sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup; dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan ras lain.

Pada dasarnya suatu bangsa mempunyai kepribadiannya masing-masing. Contohnya pada Bangsa Timur, mereka memliki perbedaan yang membedakan dengan Bangsa Barat. Terlihat dari bentuk fisik dimana Bangsa Timur lebih banyak memiliki Penduduk yang berambut hitam sedangkan untuk Bangsa Barat lebih banyak yang memiliki rambut pirang. Kepribadian Bangsa Timur lebih kepada adat yang sudah ada untuk waktu yang lama, sedangkan bangsa barat lebih kepada sesuatu yang memiliki tampilan dan teknologi yang tinngi.

Kebudayaan adalah suatu adat istiadat yang telah ada dari jaman dulu sekali, dimana kebudayaan ini bersifat turun-menurun. Biasanya kebudayaan ini terbentuk berdasarkan kebiasaan suatu kumpulan manusia.

Unsur - Unsur Kebudayaan :
Ada beberapa pendapat ahli yang mengemukakan mengenai komponen atau unsur kebudayaan, antara lain sebagai berikut:
1.   Melville J. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, yaitu:
·         alat-alat teknologi
·         sistem ekonomi
·         keluarga
·         kekuasaan politik
2.   Bronislaw Malinowski mengatakan ada 4 unsur pokok yang meliputi:
·         sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya
·         organisasi ekonomi
·         alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama)
·         organisasi kekuatan (politik)

Wujud Kebudayaan
Menurut J.J. Hoenigman, wujud kebudayaan dibedakan menjadi tiga: gagasan, aktivitas, dan artefak.
·         Gagasan (Wujud ideal)
Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide, gagasan, nilai-nilainorma-norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak; tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala-kepala atau di alam pemikiran warga masyarakat. Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan, maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat tersebut.
·         Aktivitas (tindakan)
Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi, mengadakan kontak, serta bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan. Sifatnyakonkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat diamati dan didokumentasikan.
·         Artefak (karya)
Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan. Sifatnya paling konkret di antara ketiga wujud kebudayaan. Dalam kenyataan kehidupan bermasyarakat, antara wujud kebudayaan yang satu tidak bisa dipisahkan dari wujud kebudayaan yang lain. Sebagai contoh: wujud kebudayaan ideal mengatur dan memberi arah kepada tindakan (aktivitas) dan karya (artefak) manusia.


Perubahan kebudayaan yang terjadi pada suatu tempat biasanya dikarenakan adanya kebudayaan dari luar yang lebih terlihat modern daripada budaya yang terdapat di tempat itu.

Perubahan budaya yang terjadi sangat dipengaruhi oleh manusia. Seperti yang pernah dikatakan, manusia adalah makhluk sosial dimana manusia akan saling mempengaruhi akan sesuatu yang terjadi di suatu sekumpulan manusia.


sumber :

TUGAS SOFTSKILL
NAMA : Perdi Mardhothillah Jaka Atmaja
KELAS : 1IA14
NPM : 55412663


Tidak ada komentar:

Posting Komentar