Rabu, 06 Januari 2016

Sumber Informasi Tentang Penawaran atau Peluang Proyek TIK

Sumber Informasi Tentang Penawaran atau Peluang Proyek TIK

Puji dan syukur penulis sampaikan atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan kasih sayang-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas proposal bisnis ini tepat pada waktunya.
Adapun tujuan dari pembuatan proposal bisnis ini untuk memahami yang lebih baik mengenai bagaimana menjalankan usaha dan untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen pada mata kuliah Pengantar Bisnis informatika.
Dengan segala kerendahan hati, penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung dalam penulisan proposal bisnis ini, dan juga penulis menyadari bahwa penulisan proposal bisnis ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun dari semua pihak penyempurnaan proposal bisnis ini, sangat penulis harapkan.
Penulis berharap semoga proposal bisnis ini memberi manfaat yang besar bagi kita semua yang membutuhkannya.

Depok, Januari 2015


Penulis






I. Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi dan informasi di berbagai bidang sudah sangat berkembangan. Penerapan teknologi dan informasi ini pun sudah mencapai bidang bisnis ini menyebabkan beberapa perubahan dalam kebiasaan dalam berbisnis. Salah satu contohnya perkembangan teknologi dan informasi di bidang bisnis ini yaitu Media Sosial.
Media Sosial ini berdampak sangat besar pada kehidaupan sehari-hari, karena setiap orang bisa terhubung lebih cepat. Dewasa ini hampir seluruh kalangan sudah memiliki akun pada hampir setiap media sosial yang ada. Pengaruh ini memberikan ide-ide baru pada setiap Developper unutk membuat media sosial yang barunya. Dengan banyaknya provider internet pada dewasa ini kita dengan mudah dapat membuat suatu media sosial yang baru. Dan dengan kemajuan teknologi ini kami membuat sebuah sebuah aplikasi berbasis android dimana aplikasi ini bukan hanya digunakan untuk mengobrol saja, tetapi bisa juga unutk menunjukkan posisi dari penggguna lainnya. Aplikasi yang kami buat adalah “I’m Here”. Pada aplikasi ini terdapat fitur dimana si pengguna tidak hanya bisa melihat posisi dari satu pengguna, tetapi banyak pengguna pada satu peta.

II.     Visi Usaha

Visi usaha kami yakni membuat setiap orang agar lebih mudah unutk mengetahui posisi dari setiap orang lainnya.

III.   Misi Usaha

Adapun misi yang coba kami terapkan adalah :
·         Mempermudah setiap orang mengetahui posisi orang pada saat menuju suatu tujuan
·         Memberikan kepuasan pada pengguna
·         Mengurangi waktu perjalanan
·         Mencari keuntungan

IV.    Analisis Peluang Usaha

Semua proses produksi telah dilakukan, dari mulai pencarian android programmer, android developper dan juga tester.
Peluang usaha pemasaran produk ini cukup bagus dikarenakan banyaknya masyarakat yang sering berjalan-jalan. Karena alasan itu peluang usaha ini menurut kami prospek kedepannya akan bagus dikarena pesaing yang sedikit sehingga bersaing dengan mutu produk agar memikat para pengguna.

V. Perencanaan Usaha
1. Bahan dan Alat
a) PC (CPU, Monitor, Keyboard, Mouse), Laptop dan Handphone
b) Printer
c) LAN dan Modem
d)    Software OS Original (Ubuntu 14.04 LTS)
e)    Software Pengembeng aplikasi Android

2. Anggaran :
Modal yang saya butuhkan untuk membangun usaha ini adalah sekitar Rp. 20.250.000, 00 Dengan rincian sebagai berikut:
1)     Pembuatan website                              = Rp 10.000.000,00
2)     Modal pempublikasian pada Play Store    = Rp 250.000,00
3)     Perlengkapan komputer & printer           = Rp 5.000.000,00
4)     Dana tak terduga                                = Rp 5.000.000,00






VI.    Simpulan
Dari beberapa uraian sebelumnya kini penulis dapat menyimpulkan. Tujuan yang paling utamanya adalah dibalik Berbisnis  juga membantu dan bersilaturahmi. Dari hasil analisa peluang usaha dan perhitungan modal dan keuntungan penulis mendapatkan hasil bahwa peluang usaha yang sangat menjanjikan. Demikian proposal yang penulis buat, semoga proposal ini dapat terwujud. Amin.

Pendapat :
Peluang usaha Aplikasi “I’m Here” yang menggunakan Anroid ini menurut saya sangat bagus dan memiliki prospek yang baik. Karena dengan adanya suatu petunjuk keberadaan seseorang pada saat ingin berjalan-jalan dapat mempermudah dan mempersingkat waktu perjalanan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar